Senin, 02 April 2012

POLITIK ITU INDAH

Begitu banyak kalangan menilai politik ada sesuatu yang mengerikan daripada rumah hantu, bahkan ada pula yang dengan lantangnya meneriakkan bahwa politik itu kotor sekotor-kotornya. Namun, perlu kiranya kita sedikit membuka diri dan coba menelaah makna dari politik itu sendiri, sebab pada prinsipnya eksistensi keberadaan negara ini sangatlah di tentukan oleh keberadaan politik itu sendiri.
Secara umum menurut pakar Ilmu Politik Ramlan Surbakti, bahwa politik merupakan sebuah usaha bersama dalam rangka mencapai kebaikan bersama pula di dalam masyarakat. Namun ironis, mengapa beberapa kalangan masyarakat begitu antipati dengan politik itu sendiri???
Inilah mungkin yang perlu kita kaji bersama, jangan sampai ke-awam-an membuat kita begitu mudah menjustifikasi dan menghukumi sesuatu yang justru kita sendiri belum pahami makna substansialnya.
Berikut akan kita telaah lebih mendasar pengertian politik dan fungsi politik itu sendiri :
Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.
Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.
Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:
  • politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.
  Dalam konteks memahami politik perlu dipahami beberapa kunci, antara lain: kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, partisipasi politik, proses politik, dan juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui seluk beluk tentang partai politik.

Politik berasal dari bahasa Belanda politiek dan bahasa Inggris politics, yang masing-masing bersumber dari bahasa Yunani τα πολιτικά (politika - yang berhubungan dengan negara) dengan akar katanya πολίτης (polites - warga negara) dan πόλις (polis - negara kota).
Secara etimologi kata "politik" masih berhubungan dengan polisi, kebijakan. Kata "politis" berarti hal-hal yang berhubungan dengan politik. Kata "politisi" berarti orang-orang yang menekuni hal politik.
Semenatara itu, politik secara fungsional menurut Gabriel Almond mengatakan kegiatan sebagai fungsi- fungsi politikdalam dua kategori, yaitu : Fungsi masukan (in put function) dan fungsifungsipengeluaran (out put function). Fungsi masukan (in put function)sangat penting dan menentukan cara kerja sistem yang diperlukan untukmembuat serta melaksanakan kebijakan-kebijakan dalam sistem.Fungsi- fungsi politik yang dimaksud adalah :a. Sosialisasi PolitikMerupakan proses sosial yang memungkinkan seseorangmenjadi anggota kelompoknya. Dalam hal ini ia harus mempelajarikebudayaan kelompoknya dan perannya dalam kelompok. Dari maknaini, maka sosialisasi politik ialah merupakan proses sosial yangmenjadikan seorang anggota masyarakat memiliki budaya politikkelompoknya dan bersikap serta bertindak sesuai dengan budayapolitik tersebut.b. Rekrutmen Politik Yang dimaksud adalah proses seleksi warga masyarakat untukmenduduki jabatan politik dan administrasi yang berhubungan dengankeadministrasian pemerintahan. c. Artikulasi KepentinganMerupakan proses penentuan kepentingan-kepentingan yangdikehendaki dari sistem politik. Dalam hal ini rakyat menyatakankepentingan-kepentingannya yang dikehendaki dari sistem politik,kepentingan mereka kepada lembaga-lembaga atau pemerintah melaluikelompok-kelompok kepentingan yang mereka bentuk bersama oranglain dan juga memiliki kepentingan yang sama, atau seperti dalamsistem politik tradisional, kadang-kadang mengatakan kepentingannyapada pejabat pemerintah.
d. Agregasi KepentinganAgregasi adalah proses perumusan alternatif dengan jalanpenggabungan atau penyesuaian kepentingan-kepentingan yang telahdiartikan atau dengan merekrut calon-calon pejabat yang menganutpola kebijaksanaan tertentu.e. Komunikasi Politik Merupakan alat yang digunakan untuk menyelenggarakanfungsi politik yang lain.Dalam melaksanakan fungsi-fungsi di atas, diselenggarakanoleh sebuah lembaga atau secara bersama. Lembaga-lembaga itumencerminkan struktur sistem politik. Dan bersama-sama fungsipolitik merupakan unsur-unsur dari sistem politik bersangkutan.Almond mengatakan bahwa lembaga-lembaga politik yang dimilikioleh sebuah sistem politik adalah : Kelompok kepentingan, partaipartaipolitik, badan legislatif, badan eksekutif dan badan-badanpengadilan (yudikatif).

Jadi, tentunya ketika kita melihat politik dari sudut pandang sebenarnya, maka kita dapat menemukan bahwa politik merupakan sebuah keharusan universal dalam masyarakat itu sendiri. Sebab, ia merepresentasikan sebuah upaya bersama tanpa mementingkan kehendak dalam lebih bersifat personal atau pribadi.
Olehnya itu, tulisan ini mencoba hadir dalam membuka cakrawala paradigma masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam dunia politik, demi tercapai kebaikan bersama yang di maksud.

Maka berangkat dari asumsi awal di atas, bisa saya pastikan bahwa, politik adalah sesuatu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya, sebab manfaatnya adalah untuk kepentingan rakyat jua nantinya....
Untuk itu, "POLITIK ITU INDAH" jika kita dapat mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari...

Thepoliticalstruggle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar